24.8 C
Mataram
Sabtu, Mei 8, 2021
Indonesia
1,709,762
Total Kasus
Updated on 08/05/2021 22:06
Beranda NTB Dompu Wakil Bupati : Tangani Bencana Perlu Sinergitas dari Semua Pihak

Wakil Bupati : Tangani Bencana Perlu Sinergitas dari Semua Pihak

DOMPU, PELITANEWS – Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melalu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengadakan acara Konsultasi Publik Dokumentasi Kajian Resiko Bencana, Senin (19/4).

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala BPBD, Camat, Lurah dan Kades Se-Kabupaten Dompu dilaksanakan mengingat kejadian Bencana Alam dan Penanganan Bencana di Kabupaten Dompu menjadi perhatian banyak pihak.

Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, ST.MT, dalam sambutannya menyampaikan perlunya ada pengkajian yang konkrit terhadap berbagai bencana maupun potensi bencana yang terjadi di Kabupaten Dompu.

“Bencana alam yang terjadi, tidak hanya banjir namun juga ada bencana lain seperti kekeringan, gempa, tanah longsor, kebakaran, dan ini membutuhkan perhatian bersama dari semua pihak” katanya.

Oleh karena itu menurut wakil Bupati penanganan terhadap bencana yang ada tidak bisa ditangani oleh sebagian pihak saja, untuk itu perlunya dilakukan identifikasi terhadap bencana yang terjadi karena disetiap desa atau kecamatan memiliki bencana yang berbeda-beda.

“Dalam penanganan bencana alam yang terjadi perlu ada sinergisitas dari semua pihak, ungkapnya.”

Selanjutnya Ketua DPRD, Andi Bachtiar, A.Md.Par, yang juga sebagai Ketua Forum Penanggulangan Bencana dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, acara yang berlangsung hari ini harus dimanfaatkan untuk mendapatkan masukan, ide atau gagasan yang baik dan positif dalam upaya mengurangi resiko bencana didaerah ini.

Dalam momen ini juga, Andi Bachtiar mengingatkan masyarakat bahwa dengan tingginya harga jagung saat ini tidak mendorong warga untuk melakukan pembabatan atau melakukan perluasan hutan. Ia juga mengharapkan penyampaian ide, gagasan dan masukan dari semua pihak diacara ini, sehingga dapat menghasilkan bahan regulasi untuk kemakmuran warga Dompu.

“Daerah kita belum punya perda tentang bagaimana menanggulangi bencana dan ini hendaknya menjadi perhatian dimasa kepemimpinan AKJ-SYAH untuk mengajukan Raperda sebagai payung hukumnya” tandasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Dompu, H. Moh. Syaiun, SH.M.Si, dalam kegiatan ini menyampaikan harapannya, dengan kerjasama dari semua pihak penanganan bencana alam didaerah ini dapat berjalan sesuai rencana.

“Para camat, lurah dan kades harus memanfaatkan momen ini untuk menyampaikan usulan dan masukan guna mewujudkan rancangan perda yang sesuai kepentingan warganya, imbuhnya.”

 2 total views,  1 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Bupati Dompu Keluarkan Surat Edaran Panduan Idul Fitri 2021

DOMPU, PELITANEWS – Bupati Dompu Kader Jaelani mengeluarkan Surat Edaran (SE)  dengan Nomor 451.1.41/Kesra/2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi...

Pastikan Semua Disiplin Patuhi Prokes, Gubernur NTB Kunjungi Pos Pengamanan Lebaran

MATARAM, PELITANEWS - Memastikan NTB dalam keadaan aman, tidak ada kerumunan berlebih, kemacetan dan kriminalitas, Gubernur DR Zulkieflimansyah didampingi Forkopimda mengunjungi pos pengamanan Idul...

Bupati Terbitkan Surat Edaran Larangan Mercon dan Kembang Api, Polsek Kediri Antisipasi Perang Mercon

KEDIRI, PELITANEWS - Polsek Kediri Polres Lombok Barat Polda NTB, segera mengambil langkah antisipasi tradisi maleman ke 27 Ramadhan atau perayaan perang mercon. Kapolsek Kediri...

Cipta Harkamtibmas jelang Hari raya Idul Fitri 1442 H, Polsek Khayangan himbau warga akan tindak tegas balap liar

LOMBOK UTARA, PELITANEWS - Pawas bersama anggota jaga Polsek Khayangan Polres Lotara melaksanakan Patroli Lumpia Antisipasi balap liar dan cek objek vital antisipasi 3C...
error: Content is protected !!