30.5 C
Mataram
Selasa, Mei 18, 2021
Indonesia
1,748,230
Total Kasus
Updated on 18/05/2021 18:09
Beranda Nasional Tingkatkan Pendapatan Petani, Johan Harap Harga Jagung Tetap Stabil di NTB

Tingkatkan Pendapatan Petani, Johan Harap Harga Jagung Tetap Stabil di NTB

NTB, PELITANEWS – Anggota Komisi IV DPR RI, Johan Rosihan turut memberikan apresiasi atas stabilnya harga jagung di Provinsi NTB pasalnya tahun ini terjadi kenaikan harga jagung dibanding tahun sebelumnya dan relatif lebih stabil maka hal ini berdampak pada peningkatan pendapatan petani di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal ini diungkapkan Johan mengingat NTB merupakan salah satu sentra produksi jagung nasional dengan luas panen mencapai 259.817 Ha dan memiliki prospek pengembangan agribisnis jagung yang sangat potensial.

Politisi PKS ini turut berbahagia jika harga di tingkat petani dalam kondisi stabil dan menguntungkan petani serta Johan berharap harga jagung tetap stabil di NTB agar pendapatan petani meningkat.

“Saya minta kepada pemerintah untuk terus menjaga kestabilan harga jagung di tingkat petani sampai semua petani sudah panen, jangan sampai harga turun pada saat terjadi panen jagung di berbagai daerah dan hal ini harus diwaspadai demi kesejahteraan petani kita,” tutur Johan melalui keterangan rilis kepada wartawan di Jakarta, Minggu (25/4)

Wakil rakyat dari Pulau Sumbawa ini berharap pengembangan bisnis dari budidaya jagung di Provinsi NTB ini terus berkembang serta terus diupayakan meningkatkan keberhasilan usaha tani jagung dan tata kelola pemasaran jagung yang menguntung petani.

“Saya melihat kestabilan harga dan kebijakan pasar jagung dari pemerintah perlu selalu diperhatikan sebab petani mesti dibantu dalam hal pemasaran, ketersediaan Gudang, ketersediaan sarana transportasi, serta kualitas jalan di pedesaan,” ujar Johan.

Legislator senayan dari dapil NTB 1 ini mendorong pemerintah untuk selalu memastikan perlindungan kepada petani dalam proses produksi jagung dengan menjamin tersedianya benih, pupuk dan pestisida pada saat produksi dengan harga yang sesuai secara tepat dan selalu menguntungkan petani.

“Meminta agar petani diberikan bantuan alat dan dukungan teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi dan nilai tambah terhadap komoditi jagung yang dihasilkan oleh petani di NTB ini,” urai Johan.

Johan mengatakan untuk mencapai target produksi jagung yang berkualitas dan harga yang terus stabil maka diperlukan Kerjasama semua stakeholders Pertanian untuk memberikan pelayanan terbaik kepada petani di NTB.

“Harus ada Kerjasama yang baik dari semua pihak untuk membantu petani jagung terutama kemitraan usaha, adopsi teknologi, kualitas hasil, pengendalian hama, prosesing hasil panen sehingga harga akan tetap stabil dan kesejahteraan petani bisa meningkat,” tutup Johan Rosihan.(*)

 25 total views,  1 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Optimisme Kearsipan Provinsi NTB dalam HUT ke-49 Gubernur NTB

MATARAM, PELITANEWS - Hari Kearsipan Nasional diperingati hari ini, Selasa 18 Mei 2021. Di saat yang sama Provinsi Nusa Tenggara Barat juga memperingati 49...

Tingkat Kehadiran Masuk Kerja Hari Pertama PNS Pemprov NTB 98 Persen

MATARAM, PELITANEWS - Tingkat kehadiran Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada seluruh Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi NTB pada hari pertama masuk kerja, Senin (17/5/2021)...

Demi Keselamatan, Iptu Rita Tindak Tegas Masyarakat yang Langgar Aturan Lalu Lintas dan Protokol Kesehatan

LOMBOK BARAT, PELITANEWS – Perayaan peringatan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah beberapa hari yang lalu di Provinsi Nusa Tenggara Barat berjalan kondusif. Hal...

MUI, PD Muhammadiyah, PD NW dan Tokoh Agama Silaturahmi ke Kapolres Sumbawa

SUMBAWA BESAR, PELITANEWS - Lebaran Tahun ini menjadi momentum spesial antara Ulama dan Umaro serta Penegak Hukum di Kabupaten Sumbawa. Hal ini menjadi ajang...
error: Content is protected !!