24 C
Mataram
Senin, April 12, 2021
Indonesia
1,566,995
Total Kasus
Updated on 12/04/2021 04:34
Beranda Kesehatan Tidak Perlu Khawatir, NTB Sudah Miliki Alat Bantu Sembuhkan Pasien Terpapar Covid-19

Tidak Perlu Khawatir, NTB Sudah Miliki Alat Bantu Sembuhkan Pasien Terpapar Covid-19

MATARAM, PELIATNEWS – Berdasarkan rilis yang disampaikan Pemerintah Propinsi NTB diharapkan Masyarakat tidak lagi khawatir kepada siapapun yang terkena Covid 19 karena Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB mempunyai alat Apheresis untuk Donor Plasma Darah yang berguna untuk menyembuhkan pesien Covid -19.

Salah satu Rumah Sakit yang dapat melayani Donor Plasma Darah adalah Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB. Hal ini bertujuan untuk membantu mengobati pasien Covid-19.

Pentingnya Plasma Darah adalah untuk membantu proses penyembuhan pasien yang terkena Virus Covid-19. Pemberian Plasma Darah adalah salah satu terapi konvalensen untuk pasien Covid-19.

Pengambilan Donor Plasma darah itu sendiri di peroleh dari penyitas Covid dalam kata lain orang yang pernah terkena Covid dan sembuh.

Donor plasma itu di ambil dari para penyitas Covid-19 inilah yang sangat membantu para penderita Covid-19 dalam proses penyembuhannya. Tentu kegiatan Donor Plasma ini bisa menjadi tauladan bagi masyarakat lembaga dan institusi pemerintah untuk mendonorkan Plasma Darahnya dalam membantu pasien yang terkena Covid.

Menurut dr. Raehanul Bahraen, M.Sc, Sp.PK saat di wawancarai awak media di Ruang kerjanya Kamis (11/02/2021) mengatakan, “Donor Plasma Darah ini di jamin aman untuk pendonor karena di RSUP ini memiliki alat khusus untuk donor plasma darah. Nama alat dalam bahasa kedokteran kami yaitu Apheresis. Alat canggih ini sudah di atur untuk mengambil plasma darah dan mengembalikan lagi darah merah kepada pèndonor jadi yang di ambil hanya plasmanya saja. Kegiatan ini sudah kita lakukan selama tiga bulan, dan hingga saat ini sudah ada sekitar lima puluh orang yang dengan sukarela mau mendonorkan Plasma Darahnya,” jelas dr. Raehanul.

Proses Donor plasma darah konvalesen ini berlangsung selama satu jam. Dan selama proses donor pasien diberikan makanan dan minuman untuk kebugaran tubuh si pendonor. Jadi pendonor di jamin kesehatan dan keamananya. Maka dari itu masyarakat di himbau jangan takut dan segeralah datang ke RSUP untuk mendonorkan diri, karena bantuan anda sangat di tunggu untuk menyelamatkan nyawa saudara-saudara kita yang terkena Covid. Tambah Raehan.

Kesadaran para pendonor plasma di NTB sangat di butuhkan karena masih banyak bermunculan pasien Covid di RSUD, Jadi kesadaran mendonorkan plasma ini sangat di tunggu. Untuk membantu sesama.

Dalam kesempatan yang sama dr. Atmayadi Gunawan yang pernah menjadi Pasien penyitas Covid saat bertemu wartawan di ruangan Bank Darah RSUD menjelaskan, “Saya hari ini mau mendonorkan plasma, karena saya pernah terkena Covid dan sudah sembuh. Maka saya berniat donor untuk menyumbangkan plasma kepada pasien Covid yang membutuhkan. Saya tergerak hati untuk donor ini karena saya melihat pasien yang terkena Covid kesulitan untuk mencari Plasma darah,” jelas dr. yang bekerja di Puskesmas Kopang ini.

Pasien penyintas Covid yang kondisinya sehat dan masuk dalam kategori layak untuk donor hendaknya dengan kesadaran yang tinggi sudi mendonorkan Plasma darahnya. Karena bantuan donor plasma anda akan menolong banyak nyawa terselamatkan dari Serangan Covid-19.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Banjir Sudah Menelan Biaya Rp.57 Milyar, Gubernur Ajak Masyarakat NTB Membangun Kesadaran Menjaga Kelestarian Hutan

MATARAM, PELITANEWS – Sejak banjir di Kota Bima tahun 2016 lalu BPNB Untuk Kota dan Kabupaen Bima telah mengeluarkan biaya tidak kurang 57 Milyar....

Pastikan Lingkungan Pasar Wajib Masker, Polsek Pujut Tak Henti Bagikan Masker

Lombok Tengah, PELITANEWS - Dalam rangka memastikan lingkungan pasar menjadi kawasan wajib masker, personel Polsek Pujut, Polres Lombok Tengah, Polda Nusa Tenggara Barat tidak...

Relawan Sahabat Odi Kolaborasi dengan Rumah Zakat serta RKP NTB bagi Paket Pendidikan, Dan Pendampingan Anak Korban Banjir Bima

BIMA, PELITANEWS - Kesatua Aksi Mahasiswa Muslim (KAMMI) NTB , Rumah KAMMI Peduli NTB, Relawan Sahabat ODI, Rumah Zakat, Rumah KAMMI Peduli Sumbawa dan...

Jelang Hari Jadi ke 206, Pemda Dompu Gelar Dzikir dan Do’a Bersama

DOMPU, PELITANEWS - Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu menjelang Hari Jadi Kabupaten Dompu yang ke 206 menggelar acara Doa dan Dzikir bersama di Musholah pendopo...
error: Content is protected !!