25 C
Mataram
Kamis, April 15, 2021
Indonesia
1,583,182
Total Kasus
Updated on 15/04/2021 00:10
Beranda Kesehatan Tidak Akui Jenazah mengalami Gejala Covid-19, Warga Blokir Jalan

Tidak Akui Jenazah mengalami Gejala Covid-19, Warga Blokir Jalan

Setelah tidak berhasil menjemput janazah pasien Covid-19 di RSU Dompu, Minggu (20/9/2020) sejumlah warga melakukan aksi pemblokiran jalan. Aksi dilakukan sekitar pukul 09.00 Wita, di Jln Lintas Sumbawa – Bima, Dusun Buncu Utara Desa Matua Kecamatan Woja .

Aksi blokir jalan dengan menggunakan batu dan kayu dilakukan oleh keluarga warga yang meninggal berinisial SN (65 tahun). Keluarga menolak jenazah almarhum diperlakukan dengan menggunakan protokol Covid-19.

Humas RSUD Dompu, Ida Fitriyani mengatakan bahwa, pasien masuk RSUD Dompu pada 20 September 2020 sekitar pukul 02.00 wita dinihari. Diagnosa sementara tim medis menyatakan pasien menderita sakit jantung dan penyakit lainnya.

Kemudian tim medis melakukan Rapid Tes dengan hasil Reaktif. Tim medis RSUD Dompu mengambil sampel Swab terhadap pasien. Dan pada pukul 05.00 Wita, pasien meninggal dunia. Setelah meninggal dunia baru diketahui bahwa hasil Swab Laboratorium RSUD Dompu bahwa pasien positif Covid -19.

Pada saat tim medis akan mengambil tindakan dengan protokol Covid -19, keluarga pasien menolak dengan alasan bahwa pasien tidak mengalami tanda atau gejala Covid-19. Dan menganggap gejala covid-19 pada pasien adalah rekayasa.

Selanjutnya Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu mendatangi RSUD Dompu untuk negosiasi dengan pihak keluarga pasien, namun keluarga tetap menolak almarhum diperlakukan dengan menggunakan protokol penanganan Covid-19.

Tidak hanya itu Kades Matua, Camat Woja dan IPDA Abdul Haris, Kapolsek Woja juga melakukan pendekatan untuk memberikan pemahaman kepada keluarga almarhum. (p/sdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Kepala BNPB RI : Penanganan Hutan Gundul di NTB Harus Berorientasi Kesejahteraan Masyarakat

MATARAM, PELITANEWS - Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Doni Monardo, penanganan bencana banjir akibat alih fungsi hutan di Provinsi NTB memerlukan...

Pemprov NTB Atur Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan Dimasa Pandemi Covid-19

MATARAM, PELITANEWS - Menjelang pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 M, di tengah pandemi Covid 19, Pemerintah Provinsi NTB mengeluarkan Surat...

Bupati Dompu Akan Gelar Safari Ramadhan 1442 H

DOMPU, PELITANEWS – Bupati Dompu dan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu akan melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan ke semua Kecamatan di Kabupaten Dompu. Hal ini ditegaskan...

Pemda Dompu Jamin Pelayanan Publik Dibulan Ramadhan Berjalan Lancar

DOMPU, PELITANEWS - Dalam rangka menjamin pelayanan publik selama bulan ramadhan tahun 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu mengeluarkan surat edaran, senin (12/4). Surat edaran...
error: Content is protected !!