25 C
Mataram
Rabu, April 14, 2021
Indonesia
1,583,182
Total Kasus
Updated on 14/04/2021 23:02
Beranda NTB Dompu Telah Terbit Buku “Inspirasi dari Gen Pemenang, dari Fitrah ke Cita-cita"

Telah Terbit Buku “Inspirasi dari Gen Pemenang, dari Fitrah ke Cita-cita”

Judul buku : Inspirasi dari Gen Pemenang, dari Fitrah ke Cita-cita
Penulis : Noval Palandi
Penerbit : Laditri Karya
Tahun Terbit : 2020
Tebal halaman : 140 halaman

Pengantar Buku :

Saat itu. Bulan April. Bulan yang syarat emosional. Ditahun ke 8 usia pernikahan saya. Sejak awal pernikahan, bulan April selalu menjadi pertarungan dua kepentingan dalam hidup saya. Adalah cinta keluarga dan momentum politik. Disaat istri saya mengandung anak pertama, tugas besar partai menghadapi konstestasi politik menyita seluruh waktu saya.

Rapat koordinasi, merumuskan cita-cita politik, menerjemahkan obsesi sama-sama kami dalam Bahasa aksi yang lebih sederhana di partai.

Cinta mendua antara belahan jiwa dan rangkaian perjalanan politik yang sungguh berat ketika itu.

Tentu istri saya interupsi. Dia pendatang dikampung saya. Iya pula tengah mengandung anak pertama kami, waktu saya justru tersita, terbagi dalam banyak tugas, dan dalam hastag perjalanan menuju menang pada tahun 2014.

Tetapi alhamdulillah mengurasi masa sulit itu saya diberi dua kebahagiaan. Pertama, perjalanan menuju menang sampai pada kemenangan. Dan kedua, saya dikarunia seorang putra, penerus segala cita-cita.

Lima tahun kemudian, keadaannya relatif sama, disaat sibuk menata serpihan kekuatan politik, menerjemahkan mimpi politik ke dalam rencana aksi yang rasional-targeted-segmented, istri pula tengah mengandung anak kedua. Dan kemudian lahir putra kedua.

Hampir seluruh perasaan itu mengingatkan saya pada serpihan perjalanan 5 tahun sebelumnya. Ditengah diskusi pemenangan dari pagi hingga larut, ada rindu yang mekar. Ada rindu pada tiga orang yang menanti di rumah.

Dan pada tahun 2020 ini perasaan yang sama pula mengisi dada saya. Ditengah menghadapi momentum pilkada 2020, saya sedang mengurusi anak ketiga.
Perasaan itu bercampur. Jika dahulu berat dilalui. Sekarang rasa ini menjelma dalam topangan yang luar biasa. Menguatkan!!

Ada perjuangan yang ditopang oleh kefahaman yang kuta tentang perjalanan keluarga dakwah. Ada kefahaman yang menyongsong kerja-kerja politik saat ini sebagai investasi kebaikan yang luar biasa kelak diakhirat nanti.

Sepanjang perjalanan ini, tentu menyisakan setumpuk peristiwa yang bisa diwariskan. Bukan saja tentang kisah saya, tetapi juga realitas yang dialami oleh banyak orang. Terutama tentang sesuatu yang menyatukan kepentingan semua orang. Yaitu politik.

Apapun wajah dari selurh peristiwa, ia harus dituliskan, yang baik akan menjadi acuan, dan yang buruk akan menjadi pelajaran. Meskipun ketika kita menggelar kembali semua peristiwa yang kita lalui dalam kehidupan kita, yang ada adalah pelajaran tentang kebaikan. Sehingga setelah rasa yang berulang tiga kali saya dieri kekuatan yang cukup untuk menulis buku ini.

Saya sesungguhnya mulai menggiati belajar menulis sudah cukup lama, tetapi tahun 2020 ini adalah momentum menurut saya untuk menegaskan bahwa saatnya catatan-catatan kecil ini dituliskan dalam sebuah buku.

Selain itu saya sering kali berhadapan dengan sebuah keadaan dimana ketika harus merunut proses perjalanan kemarin, dan hari ini, selalu saja tersumbat hanya karena susah menemukan nara sumber yang bisa menyajikan informasi yang mewakili keadaan pada masa lalu. Dan jika keadaan pada masa lalu tidak bisa disajikan bagaimana mungkin titik-titik sejarah bisa kita sambungkan.

Karena itulah kemudian memotivasi saya untuk menulis potongan-potongan perjalanan dibuku ini sebagai penanda sebuah masa yang telah dilewati oleh zaman pada periode politik yang saya lewati.

Buku ini menyajikan dua judul besar tulisan; yang pertama tentang cara pandang. Bangunan cara pandang yang mengakari semua sikap saya sebagai pribadi, organisasi, dan sikap politik. Dan juga tentang tradisi yang kita bangun dalam rangka membangun nilai dan system di organisasi dan partai. Tidak banyak. Tetapi nilai-nilai itu dititipkan secara jelas pada setiap judul pada tulisan ini.

Ini sengaja saya letakkan untuk menjadi rujukan pikiran, karena semua ini juga lahir buah piker dan hasil diskusi diforum formal dan informal. Kemudian mengkristal menjadi nilai komunal bagi kita semua.

Judul besar yang kedua pada tulisan-tulisan di buku ini menyajikan realitas hasil pemilihan legislatif pada tahun 2019. Meskipun berangkatnya dari kondisi yang dihadapi oleh PKS Dompu yang mendapatkan fakta pemilu berkurang satu kursi, tetapi saya menyajikan juga capaian sukses dan “keterpurukan“ partai selain PKS sebagai hasil dari proses legislatif kemarin.

Dua judul besar ini meskipun sajiannya dalam judul konteks yang berbeda tetapi jika dibaca secara utuh, akan anda akan mampu menghubungkan titik-titik antara cita-cita kita sebagai gen pemenangan, dan realitas yang dihadapi sebagai buah dari ikhtiar perjuangan politik. Dan catatan-catatannya dapat menjadi acuan dalam menghadapi masa depan politik PKS dan partai lain serta politisi secara umum dalam menghadapi kondisi dan momentum politik di Kabupaten Dompu.

Karena semua bisa hilang dalam diri kita kecuali harapan. Apalagi kalau dikembalikan kepada asal muasal kita dilahirkan ke bumi, kita akan menemukan ada gen pemenang mengalir pada diri kita sebagai muslim. Dan inspirasi dari gen pemenang itu semoga yang menjadi kekurangan-kekurangan kita yang tertulis pada buku ini menjadi pemantik semangat kebangkitan bagi setiap orang yang membaca buku ini.

Tulisan ini murni lahir dari keterbatasan saya sebagai pendatang baru, tetapi semoga saja dapat memantik buku-buku lain yang menyajikan kondisi yang dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

Dan saya ingin memulainya dari sini.
Selamat membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Kepala BNPB RI : Penanganan Hutan Gundul di NTB Harus Berorientasi Kesejahteraan Masyarakat

MATARAM, PELITANEWS - Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Doni Monardo, penanganan bencana banjir akibat alih fungsi hutan di Provinsi NTB memerlukan...

Pemprov NTB Atur Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan Dimasa Pandemi Covid-19

MATARAM, PELITANEWS - Menjelang pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 M, di tengah pandemi Covid 19, Pemerintah Provinsi NTB mengeluarkan Surat...

Bupati Dompu Akan Gelar Safari Ramadhan 1442 H

DOMPU, PELITANEWS – Bupati Dompu dan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu akan melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan ke semua Kecamatan di Kabupaten Dompu. Hal ini ditegaskan...

Pemda Dompu Jamin Pelayanan Publik Dibulan Ramadhan Berjalan Lancar

DOMPU, PELITANEWS - Dalam rangka menjamin pelayanan publik selama bulan ramadhan tahun 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu mengeluarkan surat edaran, senin (12/4). Surat edaran...
error: Content is protected !!