32 C
Mataram
Rabu, April 14, 2021
Indonesia
1,577,526
Total Kasus
Updated on 14/04/2021 14:17
Beranda NTB Bima Setiap Musim Hujan, Desa Monggo Kerap Dihantam Banjir Bandang

Setiap Musim Hujan, Desa Monggo Kerap Dihantam Banjir Bandang

BIMA, PELITANEWS – Setiap musim hujan, Desa Monggo Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima NTB kerap dihantam banjir bandang dan meluas hingga ke pemukiman warga.

Kemarin, (14/2) siang hujan deras berjam-jam hingga sore hari mengguyur sebagian besar Wilayah Barat Kabupaten Bima sehingga menyebabkan banjir bandang.

Menurut Ibrahim salah satu warga Desa Monggo penggundulan gunung menjadi penyebab utama banjir yang sering mengantam tempat tinggal mereka.

Ibrahim yang juga menjadi Ketua RT Kampo Lata Desa Monggo kepada wartawan menjelaskan air bah akibat hujan kemarin yang tidak mampu diserap karena kerusakan hutan menyebabkan air meluas hingga ketinggian mencapai 1 meter.

“Banjir ini terjadi diakibatkan oleh gundulnya gunung di Kecamatan Donggo dan Luas aliran sungai yang sempit sehingga meluas ke pemukiman warga Desa Monggo, ketinggian air mencapai 1 meter dari tanah untuk wilayah yang berdekatan dengan” jelasnya.

Ibrahim menambahkan setiap kali datang hujan semua warga Desa Monggo langsung bersiap-siap untuk mengantisipasi banjir yang merendam pemukiman mereka.

“Desa Monggo ini, desa yang rawan terjadi banjir bandang, setiap musim hujan tiba kami selalu siaga untuk bersiap-siap mengamankan diri dan isi rumah kami” tambahnya.

Bahkan usai banjir yang meluap mulai surut, warga Desa Monggo tetap menyiapkan diri untuk mengantisipasi banjir susulan.

“Jika Hujan di Kecamatan Donggo kembali turun, Warga Desa Monggo kembali bersiap siaga untuk berwaspada takutnya ada banjir susulan,” Ungkapnya.(np)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Bupati Dompu Akan Gelar Safari Ramadhan 1442 H

DOMPU, PELITANEWS – Bupati Dompu dan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu akan melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan ke semua Kecamatan di Kabupaten Dompu. Hal ini ditegaskan...

Pemda Dompu Jamin Pelayanan Publik Dibulan Ramadhan Berjalan Lancar

DOMPU, PELITANEWS - Dalam rangka menjamin pelayanan publik selama bulan ramadhan tahun 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu mengeluarkan surat edaran, senin (12/4). Surat edaran...

Pasar Ramadhan Esot Resmi Dibuka

LOMBOK TENGAH, PELITANEWS - Pasar Ramadhan Esot 2021 yang diselenggarakan oleh Remaja Masjid Nurul Yaqin Esot, Desa Sintung, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah secara resmi...

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 H/2021

DOMPU, PELITANEWS - Umat Muslim mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan perdana hari ini, Selasa (13/4). Penting untuk memperhatikan jadwal imsak dan Subuh agar puasa...
error: Content is protected !!