32 C
Mataram
Rabu, April 14, 2021
Indonesia
1,577,526
Total Kasus
Updated on 14/04/2021 14:17
Beranda NTB Dompu Ratapan Ibu Asia, Dinding Rumahnya Roboh, Semua Isi Rumah Terseret Banjir Bandang

Ratapan Ibu Asia, Dinding Rumahnya Roboh, Semua Isi Rumah Terseret Banjir Bandang

DOMPU, PELITANEWS – Banjir Bandang yang terjadi akhir bulan Februari kemarin masih meninggalkan duka bagi warga di Desa Daha.

Salah satunya Ibu Asia. Seorang ibu yang rumahnya dihantam banjir yang hampir tidak menyisakan apa-apa, hanya tinggal bangunan yang tak sempurna, karena separuhnya hancur terseret banjir.

Pada saat ditemui media ini, kamis (11/3) dengan cerita yang meratapi kejadian banjir yang tidak pernah dikira kehadirannya, karena menurutnya sungai yang tepat 1 meter berada dibelakang rumahnya sudah sangat lama tidak dialiri air.

Itu sebab para tetangganya yang rumahnya juga terbawa seluruhnya oleh banjir membangun rumah lebih dekat ke tepi sungai yang sudah kering.

Ibu Asia ini bercerita ketika banjir pada malam tanggal 28 Februari tersebut dirinya sedang menginap di sawah, karena harus menjaga padinya yang sudah mulai berisi.

“Yang jaga rumah dua orang anak saya, perempuan semua, yang satu sudah lulus kuliah, yang satu lagi masih SMA” tuturnya.

Dirinya menceritakan kejadian banjir yang diceritakan anaknya, kejadian yang hampir merenggut nyawa kedua anaknya tersebut.

Sekitar pukul 2 dini hari, seorang adik yang masih SMA tiba-tiba terbangun karena banjir sudah sampai sepinggang orang dewasa.

Setelah membangunkan kakaknya mereka berdua kemudian lari menuju ruang depan, tampak bagian sebelah barat rumah tidak berdinding, hancur dihantam banjir.

Keduanya kesulitan mencari jalan keluar, hendak membuka pintu depan rumah, mereka tidak cukup berani, karena arus air begitu deras.

Agak lama, air sudah sampai setinggi leher, akhirnya keduanya berusaha mencari cara lain untuk menyelamatkan diri, dinaikinya oleh kakak beradik ini kawat jendela di dinding rumah sebelah timur yang masih kokoh meskipun beberapa kali dihantam arus banjir.

Si kakak yang lebih dulu sampai ke atas sembari memegangi kayu yang menopang atap rumah dipukulnya beberapa kali seng rumah. Berusaha melepaskan seng dari genggaman paku yang sudah sangat kuat sejak lama.

Akhirnya berhasil, meskipun tidak semua terlepas tapi cukup membuat jalan keluar bagi kedua. Dan kemudian ditengah banjir yang sudah sampai setinggi atap rumah mereka, kedua bersaudara ini bisa menyelamatkan diri.

Sudah 10 hari banjir membuat keluarga Ibu Asia tidak lagi memiiliki tempat tinggal yang layak.

Bantuan-bantuan yang datang ke desa Daha tidak sepenuhnya di salurkan ke mereka karena banyak masyarakat terdampak yang juga membutuhkan bantuan.

Pagi setelah banjir merampas semuanya, separuh bangunannya, kamar mandi yang tidak lagi tersisa, isi rumah yang hanya tinggal dikenang, hanya dikunjungi dan diberi bantuan oleh sejumlah anggota DPRD.

Bupati Dompu pada saat meninjau banjir melihat juga kondisi rumah Ibu dua anak ini. Menurut pengakuannya Bupati berjanji akan membantu menormalkan kembali kondis ibu Asia dan warga Desa Daha yang kerugiannya belum bisa diprediksi sampai hari ini.

Melalui media ini Ibu Asia berharap kepada pemerintah dan DPRD untuk menyediakan fasilitas untuk mereka tinggal dan hidup sementara ini.

“harapan terbesar saya, bisa segera dibantu untuk memperbaiki rumah tempat saya tinggal ini, kalau tidak bisa dibantu oleh pemerintah, saya tidak bisa berkata apa-apa lagi” tuturnya dengan penuh harap.(np)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Pemda Dompu Jamin Pelayanan Publik Dibulan Ramadhan Berjalan Lancar

DOMPU, PELITANEWS - Dalam rangka menjamin pelayanan publik selama bulan ramadhan tahun 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu mengeluarkan surat edaran, senin (12/4). Surat edaran...

Pasar Ramadhan Esot Resmi Dibuka

LOMBOK TENGAH, PELITANEWS - Pasar Ramadhan Esot 2021 yang diselenggarakan oleh Remaja Masjid Nurul Yaqin Esot, Desa Sintung, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah secara resmi...

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 H/2021

DOMPU, PELITANEWS - Umat Muslim mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan perdana hari ini, Selasa (13/4). Penting untuk memperhatikan jadwal imsak dan Subuh agar puasa...

Hari Jadi Dompu Ke 206, Bupati : Mari Menghargai Jasa Sesepuh Daerah

DOMPU, PELITANEWS - Bumi Nggahi Rawi Pahu berusia 206 tahun, Minggu (11/04/2021) Pemda Dompu di Lapangan Beringin, melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari...
error: Content is protected !!