24.8 C
Mataram
Sabtu, Mei 8, 2021
Indonesia
1,709,762
Total Kasus
Updated on 08/05/2021 23:06
Beranda NTB Dompu Ranwal RPJMD, Bupati : Jara Pasaka Akan Jadi Program Unggulan

Ranwal RPJMD, Bupati : Jara Pasaka Akan Jadi Program Unggulan

DOMPU, PELITANEWS – Pemerintah Kabupaten Dompu melaksanakan Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026, Kamis (29/4).

Hadir Bupati, Wakil Bupati, Ketua dan Angota DPRD, Sekda, Pejabat Eselon II, Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah, para Camat, Direktur RSUD, Direktur RSU Pratama, Akademisi, LSM dan Ormas.

Bupati Dompu dalam penyampaiannya menjelaskan Ranwal RPJMD adalah penyempurnaan dari dokumen rancangan teknokratik yang telah disusun sebelum pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih beberapa waktu yang lalu.

“penyempurnaan tersebut dilaksanakan dengan menjabarkan visi misi kepala daerah dan wakil kepala daerah kedalam dokumen perencanaan” kata Bupati.

Selanjutnya Bupati menjelaskan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 86 Tahun 2017 tentang Perencanaan Pembangunan Daerah, tepatnya dipasal 48, RPJMD harus diuji melalui forum Uji Publik Ranwal RPJMD. Bupati juga menegaskan, visi yang akan diusung dalam lima tahun kedepan adalah terwujudnya Masyarakat Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul, dan Religius (Mashur) dengan lima misi pembangunan.

Bupati menambahkan kelima misi yang akan dituntaskannya selama lima tahun kedepan adalah meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal yang berkelanjutan, meningkatkan mutu pelayanan dasar dan pelayanan publik yan transparan, pertisipatif, dan berkeadilan, kemudian mewujudkan tata nilai kehidupan yang religius, berbudaya, berpartisipasi dan berkarakter berbasis kearifan lokal.

Untuk itu Bupati menerangkan dalam rangka memperkuat RPJMD ini, telah dirancang Jara Pasaka sebagai program andalan berbasis komoditi unggulan untuk dikembangkan dalam lima tahun kedepan.

“Jara Pasaka bukan merupakan komoditi mentah yang tidak bernilai tambah, akan tetapi dalam mengelolaannya mindset Agribisnis perlu dikedepankan dengan memperhatikan potensi desa”, jelasnya.

Kemudian ditambahkan Bupati, keseluruhan potensi desa harus dikelola secara cerdas dari hulu sampai hilir. Mulai dari petani, pelaku UMKM, Koperasi, Bumdes sampai dengan Perusahaan Daerah sehingga tercipta sebuah siklus ekonomi yang menguntungkan tentu saja dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai.

Memantapkan RPJMD tahun 2021-2026, yang akan disusun nantinya melalui forum tersebut, Bupati menyampaikan harapannya untuk dapat memberikan masukan-masukan yang positif dan konstruktif demi penyempurnaannya.

Diakhir penyampaiannya, Bupati meminta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui Sekda Dompu, untuk proaktif dalam menyelesaikan penyusunan RPJMD ini.

“Saya meminta seluruh perangkat daerah agar menjabarkan visi dan misi Kabupaten Dompu sebaik mungkin dan dari sekarang mulai bergerak dalam penyusunannya”, pintanya. (*)

 18 total views,  2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Bupati Dompu Keluarkan Surat Edaran Panduan Idul Fitri 2021

DOMPU, PELITANEWS – Bupati Dompu Kader Jaelani mengeluarkan Surat Edaran (SE)  dengan Nomor 451.1.41/Kesra/2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi...

Pastikan Semua Disiplin Patuhi Prokes, Gubernur NTB Kunjungi Pos Pengamanan Lebaran

MATARAM, PELITANEWS - Memastikan NTB dalam keadaan aman, tidak ada kerumunan berlebih, kemacetan dan kriminalitas, Gubernur DR Zulkieflimansyah didampingi Forkopimda mengunjungi pos pengamanan Idul...

Bupati Terbitkan Surat Edaran Larangan Mercon dan Kembang Api, Polsek Kediri Antisipasi Perang Mercon

KEDIRI, PELITANEWS - Polsek Kediri Polres Lombok Barat Polda NTB, segera mengambil langkah antisipasi tradisi maleman ke 27 Ramadhan atau perayaan perang mercon. Kapolsek Kediri...

Cipta Harkamtibmas jelang Hari raya Idul Fitri 1442 H, Polsek Khayangan himbau warga akan tindak tegas balap liar

LOMBOK UTARA, PELITANEWS - Pawas bersama anggota jaga Polsek Khayangan Polres Lotara melaksanakan Patroli Lumpia Antisipasi balap liar dan cek objek vital antisipasi 3C...
error: Content is protected !!