24.8 C
Mataram
Sabtu, Mei 8, 2021
Indonesia
1,709,762
Total Kasus
Updated on 08/05/2021 23:06
Beranda Opini Pentingkah sebuah pendidikan? Kado Hardiknas 2 Mei 2021

Pentingkah sebuah pendidikan? Kado Hardiknas 2 Mei 2021

Ditulis Oleh :
Muhasir, M.Pd
Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Faat Dompu

Indonesia dapat menjadi negara yang maju jika sumber daya manusianya tidak lemah, Bagaimana jika masyarakatnya tidak memiliki pengetahuan, jadi pentingkah sebuah pendidikan..?? Pertanyaan ini muncul di benak saya ketika saya menonton link vidio YouTube di bawah ini. Apa yang menjadi permasalahan dengan pendidikan kita sehingga minim nya sarana dan pendukung KBM lainnya.

Negara kita akan semakin jauh untuk mengejar ketertinggalan kemajuan zaman, sehingga kekayaan alam Indonesia akan tergerus habis dihisap oleh negara-negara asing. Negara kita akan mudah terpedaya karena tidak pernah diajari berpikir kritis hingga pada akhinya menjadikan kita terpuruk.

Kita bisa belajar dari negara lain bagaimana mereka mengelola dunia pendidikannya, seperti korea selatan, jepang dan negara lainnya. Negara korea selatan menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan tingkat pendidikan terbaik didunia untuk tahun 2020 versi the social progress imperative.

Fokus utama pembangunan diarahkan pada dunia pendidikan. Begitu juga dengan negara jepang menduduki peringkat kedua terbaik dengan minat baca buku yang tinggi.

Maka kita dapat melihat bagaimana negara tersebut tumbuh menjadi negara hebat yang sejahtera dengan menguasai ekonomi, pertahanan, teknologi. Indonesia harus berbenah lebih keras lagi, membuat gebrakan tegas dengan fokus pembangunan pada aspek pendidikan yang berkarakter dan maju.

Kita (Indonesia) perlu Merancang kurikulum yang melahirkan generasi yang berjiwa besar, syarat akan moral, budaya, dan kepribadian bangsa Indonesia. Negara dan pemerintah perlu Menaikkan anggaran pengadaan sarana prasarana bagi sekolah dan madrasah Negeri maupun swasta, pengadaan buku, pendirian sekolah, penelitan, sehingga semua masyarakat dipelosok negeri bisa menikmati manisnya pendidikan. Dengan begitu Indonesia akan memiliki sumber daya manusia yang memadai, menguasai teknologi, sehingga dapat menggerakkan roda negara ini ke panggung kanca internasional, serta bisa menyaingi negara negara maju dunia.

Sistem pedidikan di negara kita harus segera mengalami pembenahan sehingga berdampak pada pencapaian cita-cita bangsa. Untuk Tercapainya pendidikan yang baik, kita perlu menggarkan kegiatan pengembangan SDM guru dan peningkatan sarana prasarana yang berbasis digitalisasi.
Bila hal ini di maksimal, maka guru kita akan SEMANGAT berinovasi secara mandiri, menjadi guru yang mampu melahirkan murid murid yang hebat. Selain itu juga pemerintah juga perlu memikirkan finansial atau kesejahteraan guru serta tenaga kependidikan, karena dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi keluarga bisa merata sesuai dengan cita-cita Indonesia, rakyat sejahtera, rakyat sehat dan Indonesia kuat.

Bila negara kita memaksimalkankan program pro pendidikan, maka akan mendapatkan penghargaan dari negara lain untuk menuju masyarakat yang adil, makmur, sejahtera serta membanggakan negeri.

Semoga tulisan ini membawa manfaat di hari pendidikan nasional tahun 2021, dan untuk para guru se Indonesia, tetaplah semangat, tetaplah mengabdi untuk negeri, tetaplah sehat dan bersatu majukan pendidikan untuk anak anak kita. Aamin.

Penulis : Muhasir, M.Pd
(Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Faat Dompu)

 53 total views,  1 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Bupati Dompu Keluarkan Surat Edaran Panduan Idul Fitri 2021

DOMPU, PELITANEWS – Bupati Dompu Kader Jaelani mengeluarkan Surat Edaran (SE)  dengan Nomor 451.1.41/Kesra/2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi...

Pastikan Semua Disiplin Patuhi Prokes, Gubernur NTB Kunjungi Pos Pengamanan Lebaran

MATARAM, PELITANEWS - Memastikan NTB dalam keadaan aman, tidak ada kerumunan berlebih, kemacetan dan kriminalitas, Gubernur DR Zulkieflimansyah didampingi Forkopimda mengunjungi pos pengamanan Idul...

Bupati Terbitkan Surat Edaran Larangan Mercon dan Kembang Api, Polsek Kediri Antisipasi Perang Mercon

KEDIRI, PELITANEWS - Polsek Kediri Polres Lombok Barat Polda NTB, segera mengambil langkah antisipasi tradisi maleman ke 27 Ramadhan atau perayaan perang mercon. Kapolsek Kediri...

Cipta Harkamtibmas jelang Hari raya Idul Fitri 1442 H, Polsek Khayangan himbau warga akan tindak tegas balap liar

LOMBOK UTARA, PELITANEWS - Pawas bersama anggota jaga Polsek Khayangan Polres Lotara melaksanakan Patroli Lumpia Antisipasi balap liar dan cek objek vital antisipasi 3C...
error: Content is protected !!