27 C
Mataram
Sabtu, April 10, 2021
Indonesia
1,562,868
Total Kasus
Updated on 10/04/2021 21:05
Beranda Ekonomi Pabrik Pengolahan Ikan Tuna Di Kilo, Pondasi Industrialisasi Perikanan NTB

Pabrik Pengolahan Ikan Tuna Di Kilo, Pondasi Industrialisasi Perikanan NTB

DOMPU, PELITANEWS – Kilo adalah salah satu sentra Perikanan di Dompu, terutama ikan tuna potensinya cukup besar di sana. Tetapi ironinya tuna masih dijual mentah, nilai tambahnya nol, peluang ini belum bisa terbangun dengan baik.

Kehadiran industrialisasi di NTB membawa angin segar bagi potensi tuna yang belum termanfaatkan di Kilo. Akhirnya Pabrik Pengolahan Ikan Tuna pun di Bangun di Kilo.

Kepala Disperin NTB, Nuryanti,SE.,ME selaku garda terdepan industrialisasi NTB Bersama Kepala Dinas Perindag Dompu, Dra.Hj Sri Suzana,M.Si kemarin (30/9) meninjau langsung progres pembangunan pabrik tersebut.

Pada saat dihubungi pelita news mengkonfirmasi kaitan dengan peninjauan progres pembangunan pabrik tersebut, Yanti sapaan kepala dinas ini memperjelas tentang nilai tambah dari hadirnya pabrik pengolahan ikan tuna. “saat ini ketika musim ikan yang melimpah, tangkapan ikan melimpah, dan tidak mampu diserap oleh pasar lokal, banyak ikan yang dibuang oleh nelayan. Untuk pasar luar Kilo atau juga pasar diluar Dompu juga relatif untuk akses ikan karena keterbatasan tekhnologi”. Jelasnya.

Nuryanti,SE.,ME menambahkan dengan adanya pabrik pengolahan ikan tuna akan mempermudah pengolahan ikan, menyerap tenaga kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi NTB.
“Dengan adanya pabrik kita bisa melakukan pengalengan ikan, sehingga bisa menunda menjual ikan, dan hargapun bisa lebih baik. Dengan begitu akan banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi NTB ” tegasnya.

Dalam Inspeksinya ke pembangunan pabrik pengolahan ikan tuna Kepala Dinas Perindustrian NTB ditemani langsung oleh Kepala Dinas Perindag Dompu, Dra.Hj.Sri Suzana,M.Si.(p/np)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Reses Tahap 1 Tahun 2021, Wakil Ketua DPRD Kunjungi Desa Basis

DOMPU, PELITANEWS – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu Muhammad Amin,S.Pd melaksanakan Reses Tahap I tahun 2021 di Desa Bara Kecamatan...

Reses I Tahun 2021, Iskandar PKS Bertekad Wujudkan Harapan Masyarakat

DOMPU, PELITANEWS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Dapil I Kecamatan Dompu, Pajo, dan Hu’u dari Partai Keadilan...

Dorna Sport Inspeksi Kesiapan Gelaran MotoGP di NTB

LOMBOK TENGAH, PELITANEWS - Dorna Sports inspeksi sirkuit MotoGP Mandalika, Lombok Tengah-NTB, Rabu (7/4) Kedatangan Dorna Sports ke Lombok sekaligus untuk melihat langsung progres...

Dilantik Nahkodai MIO NTB, Feryal Mukmin : MIO Hadir Untuk Membantu Membangun NTB

MATARAM, PELITANEWS – Feryal Mukmin Pertama resmi dilantik menahkodai Media Independen Online (MIO) Wilayah Nusa Tenggara Barat, Kamis (8/4). Pelantikan yang digelar di Lombok Plaza...
error: Content is protected !!