25 C
Mataram
Rabu, April 14, 2021
Indonesia
1,583,182
Total Kasus
Updated on 14/04/2021 23:02
Beranda Sumbawa Mo-Novi Berkomitmen Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Terbaik dan Unggul

Mo-Novi Berkomitmen Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Terbaik dan Unggul

SUMBAWA, PELITANEWS – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, H.Mahmud Abdullah dan Dewi Noviany atau Mo-Novi berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan terbaik dan unggul di Kabupaten Sumbawa NTB.

Komitmen ini tertuang dalam visi misi dan agenda kerja pasangan calon nomor urut empat (4) yakni demi terwujudnya Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban.

“Sesuai dengan visi, misi dan agenda kerja, kami berkomitmen memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat lewat pelayanan kesehatan terbaik dan unggul, sehingga harapannya, mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Sumbawa,” kata Calon Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, Kamis (15/10).

Menurut perempuan yang kerap disapa Novi ini, RSUD yang ada sudah tidak layak dan mencukupi untuk layanan kesehatan kepada masyarakat, direncanakan pembangunan RSUD akan dilanjutkan pada masa RPJMD 2021-2025.

“Bila nanti Allah SWT menghendaki kami menjadi pemimpin Sumbawa, maka relokasi itu menjadi prioritas yang akan kami wujudkan,” ujar Novi optimis.

Menurut Novi Dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah agenda kerja yang nantinya menjadi landasan ataupun acuan dalam menjalankan program untuk lima tahun mendatang. Hal ini tidak lain dilakukan untuk dapat mewujudkan tata kelola pelayanan kesehatan terbaik di Kabupaten Sumbawa.

Sejumlah agenda kerja pun, kata dia, sudah tersusun dengan rapi dan terencana. Beberapa agenda itu, diantaranya penuntasan relokasi RSUD Sumbawa. Kabupaten Sumbawa mulai melakukan relokasi terhadap RSUD sejak tahun 2017.

Selain itu, lanjut adik Gubernur NTB H Zulkieflimansyah ini, pihaknya juga akan memperkuat mutu dan fungsi pelayanan dasar dan rujukan dengan pola pengelolaan keuangan (BLUD).

“Kualitas pelayanan publik bidang kesehatan merupakan implementasi pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan dengan menguatkan fungsi pelayanan dasar dan rujukan memastikan peningkatan kapasitas BLUD,” jelasnya.

Tak hanya itu, dalam agenda kerja selanjutnya, Mo-Novi juga akan memberikan insentif bagi tenaga kesehatan, terutama pelayanan dasar seperti Puskesmas, Pustu, Polindes, dan Kader Posyandu dengan alokasi anggaran Rp10 miliar per tahun.

“Tenaga kesehatan (Nakes) di pelayanan dasar merupakan garda terdepan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, baik dalam pelayanan perseorangan maupun pelayanan masyarakat, sehingga kesejahteraan sangat penting dalam mendorong Nakes meningkatkan mutu layanan kesehatan yang selama ini kurang perhatian, khsususnya para honorer yang jumlahnya mencapai 1.403 orang. Melalui, pemberian insentif akan berdampak terhadap legalitas Nakes berupa SK Tugas yang selama ini sebagian besar tidak memiliki,” ungkapnya.

Disisi lain, pihaknya juga akan mendorong peningkatan kesediaan sarana penunjang kesehatan. Karena bagaimanapun sarana penunjang sangat menentukan keberhasilan dari program meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terlebih tidak berjalannya program Desa Siaga salah satu kendalanya adalah ketersediaan Ambulance, yang selama ini tidak ada di desa.

“Saat ini masyarakat menggunakan angkutan milik warga yang disewa, itupun tidak semua desa mampu, sehingga 1 desa 1 Ambulance merupakan program yang tepat dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian, serta meningkatkan angka harapan hidup masyarakat,” ucap Novi. (np)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Kepala BNPB RI : Penanganan Hutan Gundul di NTB Harus Berorientasi Kesejahteraan Masyarakat

MATARAM, PELITANEWS - Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Doni Monardo, penanganan bencana banjir akibat alih fungsi hutan di Provinsi NTB memerlukan...

Pemprov NTB Atur Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan Dimasa Pandemi Covid-19

MATARAM, PELITANEWS - Menjelang pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 M, di tengah pandemi Covid 19, Pemerintah Provinsi NTB mengeluarkan Surat...

Bupati Dompu Akan Gelar Safari Ramadhan 1442 H

DOMPU, PELITANEWS – Bupati Dompu dan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu akan melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan ke semua Kecamatan di Kabupaten Dompu. Hal ini ditegaskan...

Pemda Dompu Jamin Pelayanan Publik Dibulan Ramadhan Berjalan Lancar

DOMPU, PELITANEWS - Dalam rangka menjamin pelayanan publik selama bulan ramadhan tahun 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu mengeluarkan surat edaran, senin (12/4). Surat edaran...
error: Content is protected !!