24 C
Mataram
Senin, April 12, 2021
Indonesia
1,566,995
Total Kasus
Updated on 12/04/2021 05:34
Beranda NTB Sumbawa Launching Berbagi Bibit Herbal Dipusatkan di Pupinka, Ini Pesan Kapolres Sumbawa

Launching Berbagi Bibit Herbal Dipusatkan di Pupinka, Ini Pesan Kapolres Sumbawa

SUMBAWA, PELITANEWS – Kampung Pupinka menjadi pusat launching “Berbagi Bibit Herbal” di wilayah RW 03 Kelurahan Bugis, Kecamatan Sumbawa. Kegiatan yang digelar dalam rangka mendukung dan menyukseskan Kampung Sehat Jilid 2, jum at (26/3/21) sore.

Acara ini dihadiri Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra, S.IK. M.H., Kadis PMD Varian Bintoro S.Sos, Kadis Pangan, Ir Syafruddin, Kasubag Humas Polres Sumbawa AKP Sumardi, S.Sos, Koordinator Rumah Zakat NTB, Repi S, Ketua Forum Komunikasi Lintas Etnis (FKLE) Sumbawa, Agus, Kasi Sosmas Lurah Bugis, Euis Kurniasih SE, ibu-ibu PKK, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dipilihnya Pupinka sebagai pusat kegiatan, karena telah merintis keberadaan kebun bibit herbal yang didukung penuh Rumah Zakat.

Sebelumnya juga Pupinka membidangi lahirnya Kampung Hijau bekerjasama dengan RSU Sinar Medika Muhammadiyah Sumbawa.

Mengawali sambutannya, Koordinator Rumah Zakat, Repi S. mengatakan bahwa Pupinka berdiri pada Tahun 2017 pasca banjir bandang yang melanda lingkungan setempat. Keberadaannya di pinggir sungai menjadi keunikan bagi Pupinka yang merupakan singkatan dari Pustaka Pinggir Kali. Pupinka lahir dari keprihatinan anak muda setempat terkait kondisi lingkungannya.

Dibangunlah Pupinka untuk mendorong masyarakat gemar membaca, TPQ mengentas buta baca Qur’an dan kegiatan lainnya untuk membangkitkan kreativitas sekaligus merubah pola pikir masyarakat ke arah yang lebih positif. Seiring waktu, Pupinka berkolaborasi dengan Rumah Zakat untuk mewujudkan program desa berdaya. Salah satu program unggulannya adalah pangan lestari. Ia berharap kehadiran Kapolres Sumbawa menjadi inspirasi dan pemompa semangat terutama bagi anak-anak muda untuk tetap berkonstribusi positif bagi masyarakat dan daerah. Melalui kegiatan Rumah Zakat dan Pupinka akan mendukung penuh suksesnya Kampung Sehat yang dikongkritkan dengan menyumbangkan bibit tanaman herbal kepada masyarakat.

Sementara Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa, Ir. Syafruddin mengapresiasi kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan Kampung Sehat. Ia salut dengan kiprah anak-anak muda Pupinka yang rela menyita waktunya untuk terus berkonstribusi dan berharap bernilai ibadah. Dalam kesempatan mantan Kadisnakertrans Sumbawa ini memuji kehadiran Rumah Zakat. Menurutnya kehadiran lembaga filantropi itu untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

“Kami siap mendukung dan memberikan benih untuk bersama-sama mewujudkan kampung sehat, menurunkan angka stunting dan mencegah penyebaran covid,” tandasnya.

Di tempat yang sama Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, S.IK. M.H. menyampaikan terima kasih kepada Pupinka atas partisipasinya untuk bersama menyukseskan Kampung Sehat Jilid 2. Kampung Sehat ini merupakan modifikasi program Polri “Kampung Tangguh” di NTB, dengan tiga elemen yakni kesehatan, pangan dan keamanan. “Kami sangat apresiasi keberadaan rumah bibit yang diprakarasai Pupinka dan Rumah Zakat. Hanya kami ingatkan jangan seperti hujan sebentar berhenti, akan tetapi berkelanjutan dengan konsep yang sudah ada agar bisa lebih berkembang lagi,” terangnya.

Di akhir sambutannya, Kapolres mengutip pesan Bung Karno. “Berikan saya 10 pemuda untuk mengguncang dunia. Pemuda menjadi tulang punggung dan estafet kepemimpinan di masa depan,”katanya.

Karenanya melalui Pupinka dan Karang Taruna, dapat menularkan hal-hal positif kepada masyarakat dengan adanya kampung herbal ini. “Semua diawali dengan niat yang ikhlas karena sebuah perjuangan tidak seperti membalik telapak tangan. Jangan pernah bosan atau sungkan berkomunikasi dengan siapapun. Paling penting jasa kesehatan, patuhi protocol kesehatan dan jaga keamanan,” ungkap Kapolres.

Di akhir kegiatan, pemberian secara simbolis bantuan bibit dan masker oleh Kapolres Sumbawa dan Rumah Zakat kepada masyarakat setempat melalui Pupinka.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Banjir Sudah Menelan Biaya Rp.57 Milyar, Gubernur Ajak Masyarakat NTB Membangun Kesadaran Menjaga Kelestarian Hutan

MATARAM, PELITANEWS – Sejak banjir di Kota Bima tahun 2016 lalu BPNB Untuk Kota dan Kabupaen Bima telah mengeluarkan biaya tidak kurang 57 Milyar....

Pastikan Lingkungan Pasar Wajib Masker, Polsek Pujut Tak Henti Bagikan Masker

Lombok Tengah, PELITANEWS - Dalam rangka memastikan lingkungan pasar menjadi kawasan wajib masker, personel Polsek Pujut, Polres Lombok Tengah, Polda Nusa Tenggara Barat tidak...

Relawan Sahabat Odi Kolaborasi dengan Rumah Zakat serta RKP NTB bagi Paket Pendidikan, Dan Pendampingan Anak Korban Banjir Bima

BIMA, PELITANEWS - Kesatua Aksi Mahasiswa Muslim (KAMMI) NTB , Rumah KAMMI Peduli NTB, Relawan Sahabat ODI, Rumah Zakat, Rumah KAMMI Peduli Sumbawa dan...

Jelang Hari Jadi ke 206, Pemda Dompu Gelar Dzikir dan Do’a Bersama

DOMPU, PELITANEWS - Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu menjelang Hari Jadi Kabupaten Dompu yang ke 206 menggelar acara Doa dan Dzikir bersama di Musholah pendopo...
error: Content is protected !!