25 C
Mataram
Minggu, April 11, 2021
Indonesia
1,562,868
Total Kasus
Updated on 11/04/2021 08:03
Beranda NTB Dompu Ketua Bawaslu : Peran Pengawas Sangat Penting dalam Mewujudkan Pilkada Berintegritas

Ketua Bawaslu : Peran Pengawas Sangat Penting dalam Mewujudkan Pilkada Berintegritas

DOMPU, PELITANEWS – Pengawas TPS merupakan ujung tombak dari Bawaslu dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasal pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020. Peran Pengawas TPS sangat besar dalam mewujudkan Pilkada yang berkualitas, berintegritas, bermartabat, dan berkeadilan.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dompu Ir.Irwan pada pelantikan serentak Pengawas TPS, Senin 16 November 2020.

“Saya berharap kepada Pengawas TPS yang baru saja dilantik agar menjalankan tugas dengan baik, menjaga integritas dan marwah lembaga demi terciptanya pemilihan yang berkualitas dan dapat dipercaya,” Kata Irwan.

Pelantikan Pengawas TPS dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Bawaslu mengatakan bahwa Pelantikan dilakukan sebagaimana diperintahkan dalam Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Tugas Pengawas TPS telah diatur dalam Pasal 114 Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Dalam Pasal itu, dijabarkan Pengawas TPS bertugas mengawasi persiapan pemungutan suara. Pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS.

Selain itu, dalam Pasal 115 bahwa Pengawas TPS berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran. Kesalahan dan/atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara. Menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara dan melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sedangkan, dalam pasal 116, bahwa Pengawas TPS berkewajiban untuk menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan. Dan penghitungan suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/Desa. Dan menyampaikan laporan hasil pengawasan kepada Panwaslu, Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/desa.

“Tepat 23 hari sebelum hari pemungutan suara Pilkada 2020, Ratusan pengawas TPS tersebut akan bertugas selama 30 hari hingga 7 hari setelah pemungutan suara” tambahnya.(np)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Jelang Hari Jadi ke 206, Pemda Dompu Gelar Dzikir dan Do’a Bersama

DOMPU, PELITANEWS - Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu menjelang Hari Jadi Kabupaten Dompu yang ke 206 menggelar acara Doa dan Dzikir bersama di Musholah pendopo...

Dompu Kirim 6 Pemain Muda Ke Seleksi Timnas Indonesia

DOMPU, PELITANEWS - Dompu mengirim enam pemain untuk mengikuti seleksi Tim Nasional Indonesia yang akan berlangsung di lapangan Yoga Parkanthi, Jimbaran, Bali, Jum’at (9/4). Enam...

Reses Tahap 1 Tahun 2021, Wakil Ketua DPRD Kunjungi Desa Basis

DOMPU, PELITANEWS – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu Muhammad Amin,S.Pd melaksanakan Reses Tahap I tahun 2021 di Desa Bara Kecamatan...

Reses I Tahun 2021, Iskandar PKS Bertekad Wujudkan Harapan Masyarakat

DOMPU, PELITANEWS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Dapil I Kecamatan Dompu, Pajo, dan Hu’u dari Partai Keadilan...
error: Content is protected !!