25 C
Mataram
Kamis, April 15, 2021
Indonesia
1,583,182
Total Kasus
Updated on 15/04/2021 00:10
Beranda Opini Hilang Masa, Massa Pun Hilang?

Hilang Masa, Massa Pun Hilang?

Oleh :
Suherman
Mantan Komisioner KPU Dompu
Pemerhati Isu Kekinian

Kemaren di forum shalat juma’at di Masjid Raya. Nampak hadir Bupati Dompu petahana, HBY dan Bupati Dompu terpilih, AKJ.

Usai shalat, AKJ disambut antusias warga. Ada yang menyalami, memeluk dan bahkan berselfie dengannya bak artis pendatang baru.

Sementara pada saat yang sama (maaf), Bupati petahana HBY disambut biasa-biasa saja. Yang bersalaman dan memeluknya dapat dihitung dengan jari.

Naif memang, melihat “perlakuan” warga terhadap Bupati yang masih menjabat dan telah memimpin Dompu lebih dari 9 tahun.

Apa maknanya? Militansi, loyalitas dan penghormatan terhadap pemimpin itu terbatas.

Terbatas pada masa jabatan. Ketika masa jabatannya hendak atau telah berakhir, maka dengan sendirinya militansi, loyalitas dan penghormatan itu berakhir.

Namun ironis dan anomali pada satu sisi, ketika Ompu Beko juga hadir di acara yang sama.

Meski sudah menggunakan tongkat untuk brjalan karena sepuh dan ringkih, beliau juga mendapat sambutan yang antusias sama sebagaimana Bupati terpilih.

Kok bisa begitu? Menurut saya, kenapa Ompu Beko kharisma dan ketokohannya tak pernah lekang termakan waktu dan usia. Meski ia memimpin Dompu hanya sekitar 7 tahun.

Itu lebih karena beliau punya karakter yang kuat. Dengan karakter yang dimiliki, ia mampu menumbuhkan militansi dan loyalitas orang meski ia sudah sepuh dan telah menjadi “mantan”.

Bukan tidak mungkin kedepan, “nasib” AKJ bisa seperti HBY dan sebaliknya bisa seperti Ompu Beko manakala ia tidak mampu membangun karakter yang kuat sebagai seorang pemimpin.

Setidaknya kalau kita lihat dalam konteks dan momentum usai shalat Jumat kemaren.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Kepala BNPB RI : Penanganan Hutan Gundul di NTB Harus Berorientasi Kesejahteraan Masyarakat

MATARAM, PELITANEWS - Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Doni Monardo, penanganan bencana banjir akibat alih fungsi hutan di Provinsi NTB memerlukan...

Pemprov NTB Atur Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan Dimasa Pandemi Covid-19

MATARAM, PELITANEWS - Menjelang pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 M, di tengah pandemi Covid 19, Pemerintah Provinsi NTB mengeluarkan Surat...

Bupati Dompu Akan Gelar Safari Ramadhan 1442 H

DOMPU, PELITANEWS – Bupati Dompu dan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu akan melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan ke semua Kecamatan di Kabupaten Dompu. Hal ini ditegaskan...

Pemda Dompu Jamin Pelayanan Publik Dibulan Ramadhan Berjalan Lancar

DOMPU, PELITANEWS - Dalam rangka menjamin pelayanan publik selama bulan ramadhan tahun 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu mengeluarkan surat edaran, senin (12/4). Surat edaran...
error: Content is protected !!