25 C
Mataram
Minggu, April 11, 2021
Indonesia
1,562,868
Total Kasus
Updated on 11/04/2021 07:02
Beranda Headline Evaluasi Satu Tahun Jokowi-Ma’ruf, Johan : Pemerintah Tidak Perhatian terhadap Persoalan Pangan

Evaluasi Satu Tahun Jokowi-Ma’ruf, Johan : Pemerintah Tidak Perhatian terhadap Persoalan Pangan

JAKARTA, PELITANEWS — Anggota Komisi IV dari Fraksi PKS, Johan Rosihan menilai bahwa selama setahun kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf, pemerintah tidak perhatian atas permasalahan pangan di masa pandemi.

Menurut Johan, pemerintah tidak paham atas dasar kepentingan negara dan justru gagal fokus, panik, dan semakin menciptakan keadaan yang rumit.

“Pemerintah tidak paham atas kepentingan dasar negara sehingga saat menciptakan Undang-Undang Cipta Kerja, pemerintah hanya peduli atas packagingnya saja, tetapi isi dalamnya tidak ada. Ini merupakan kepanikan pemerintah yang ditransfer kepada perwakilan rakyat” jelas Johan saat menjadi narasumber daring di PKS Legislative Corner, Jum’at (23/10).

Kemudian, Johan menjelaskan ketahanan pangan di Indonesia selama pemerintahan Jokowi belum optimal, bahkan tidak ada perhatian sama sekali sejak dilantiknya Jokowi sebagai presiden RI.

“Ketahanan pangan di Indonesia masih lemah. Berdasarkan indeks ketahanan pangan, Indonesia ada di peringkat ke-62 dari 113 negara. Padahal kita ini negara yang agraris, tetapi penanganan yang diberikan pemerintah masih buruk,” tutur Johan.

Selain itu, Johan juga menyayangkan tindakan pemerintah yang membentuk kebijakan mengutamakan impor daripada menggunakan produk pangan dari dalam negeri. Ini menyebabkan menurunnya semangat petani dan nelayan dalam memproduksi pangan.

“Kebijakan yang dibentuk pemerintah itu sangat berdampak kepada para petani dan nelayan. Adanya kebijakan mengutamakan impor membuat produk dalam negeri dipandang rendah. Ini membuat para petani dan nelayan tidak semangat dalam memproduksi pangan” terang Johan.

Terakhir, sebagai penutup Johan berharap agar pemerintah mulai fokus terhadap permasalahan pangan nasional. Apabila permasalahan ini teratasi, tentunya kesejahteraan masyarakat akan semakin mudah dicapai.(np)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Jelang Hari Jadi ke 206, Pemda Dompu Gelar Dzikir dan Do’a Bersama

DOMPU, PELITANEWS - Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu menjelang Hari Jadi Kabupaten Dompu yang ke 206 menggelar acara Doa dan Dzikir bersama di Musholah pendopo...

Dompu Kirim 6 Pemain Muda Ke Seleksi Timnas Indonesia

DOMPU, PELITANEWS - Dompu mengirim enam pemain untuk mengikuti seleksi Tim Nasional Indonesia yang akan berlangsung di lapangan Yoga Parkanthi, Jimbaran, Bali, Jum’at (9/4). Enam...

Reses Tahap 1 Tahun 2021, Wakil Ketua DPRD Kunjungi Desa Basis

DOMPU, PELITANEWS – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu Muhammad Amin,S.Pd melaksanakan Reses Tahap I tahun 2021 di Desa Bara Kecamatan...

Reses I Tahun 2021, Iskandar PKS Bertekad Wujudkan Harapan Masyarakat

DOMPU, PELITANEWS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Dapil I Kecamatan Dompu, Pajo, dan Hu’u dari Partai Keadilan...
error: Content is protected !!