24 C
Mataram
Senin, April 12, 2021
Indonesia
1,566,995
Total Kasus
Updated on 12/04/2021 04:34
Beranda NTB Kota Mataram Disperin NTB Kunjungan Kerja ke Teh Moringa Milik IKM Sukses Asal Kilo

Disperin NTB Kunjungan Kerja ke Teh Moringa Milik IKM Sukses Asal Kilo

MATARAM, PELITANEWS – Kepala Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat (Disperin NTB) melakukan kunjungan kerja ke Pabrik Teh Moringa Kidom milik Nasrin H.Muhtar yang berada di bilangan Sweta Mataram, Selasa, 24 November 2020.

Kunjungan kerja tersebut selain untuk sharing ilmu bersama IKM senior, juga untuk memantau progress pembangunan pabrik kelor berskala nasional yang saat ini sedang diinisiasi oleh pria paruh baya kelahiran Kilo-Dompu ini.

Kepala Disperin NTB Nuryanti,SE,ME yang didampingi Kepala Bidang Agro Roni Yuhaeri mengatakan sebagai salah satu IKM senior di NTB, Nasrin patut menjadi tempat belajar bagi IKM NTB lainnya.
“Pelajaran dari sang ahli selalu memberikan warna yang berbeda, karena pengalaman adalah guru yang paling berharga” katanya.

Pabrik pengolahan kelor ini rencananya akan dilaunching pada HUT NTB, 17 Desember 2020 nanti.

Nuryanti mengungkapkan pabrik yang akan mengolah kelor menjadi berbagai produk olahan seperti teh, biskuit, kopi, sabun dan masker kecantikan ini merupakan inisiasi Nasrin untuk semakin mempopulerkan Kelor sebagai salah satu potensi NTB yang perlu dikembangkan dan didorong diversifikasi produknya.

“Kelor yang dulunya dianggap tanaman kurang berguna, berkat tangan dingin seorang Nasrin, mulai mendapatkan tempat, sejajar dengan komoditas lain yang lebih dulu popular” tambah Yanti sapaan akrab Kadisperin NTB.

Bu Kadis juga menambahkan betapa industrialisasi yang menjadi program unggulan Pemprov NTB ini dapat mengubah sebuah komoditas yang semula sampah menjadi berkah untuk semua.

“Kuncinya adalah mengolah, dan mengubah bentuk untuk memberikan nilai tambah., berbasis permesinan, untuk menstandarisasi produksi dan menjaga kualitas, Kelor, dibawah tangan dingin Nasrin H. Muhtar adalah contoh.

Terakhir, Kadis Perin NTB mengatakan Komoditas lain pun bisa menjadi seperti ini, semua orang pun bisa belajar dari kesuksesan Teh Moringa asal memiliki keinginan besar untuk berkarya.
“Industrialisasi selalu membuka ruang inovasi untuk berkarya. Menuju NTB Gemilang” tutupnya.(np)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Banjir Sudah Menelan Biaya Rp.57 Milyar, Gubernur Ajak Masyarakat NTB Membangun Kesadaran Menjaga Kelestarian Hutan

MATARAM, PELITANEWS – Sejak banjir di Kota Bima tahun 2016 lalu BPNB Untuk Kota dan Kabupaen Bima telah mengeluarkan biaya tidak kurang 57 Milyar....

Pastikan Lingkungan Pasar Wajib Masker, Polsek Pujut Tak Henti Bagikan Masker

Lombok Tengah, PELITANEWS - Dalam rangka memastikan lingkungan pasar menjadi kawasan wajib masker, personel Polsek Pujut, Polres Lombok Tengah, Polda Nusa Tenggara Barat tidak...

Relawan Sahabat Odi Kolaborasi dengan Rumah Zakat serta RKP NTB bagi Paket Pendidikan, Dan Pendampingan Anak Korban Banjir Bima

BIMA, PELITANEWS - Kesatua Aksi Mahasiswa Muslim (KAMMI) NTB , Rumah KAMMI Peduli NTB, Relawan Sahabat ODI, Rumah Zakat, Rumah KAMMI Peduli Sumbawa dan...

Jelang Hari Jadi ke 206, Pemda Dompu Gelar Dzikir dan Do’a Bersama

DOMPU, PELITANEWS - Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu menjelang Hari Jadi Kabupaten Dompu yang ke 206 menggelar acara Doa dan Dzikir bersama di Musholah pendopo...
error: Content is protected !!