24.8 C
Mataram
Sabtu, Mei 8, 2021
Indonesia
1,709,762
Total Kasus
Updated on 08/05/2021 23:06
Beranda NTB Dompu Bupati dan Wakil Bupati Dompu Hadiri Peringatan Nuzulul Qur'an

Bupati dan Wakil Bupati Dompu Hadiri Peringatan Nuzulul Qur’an

DOMPU, PELITANEWS – Bupati Dompu Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Parsan, ST, MT menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan di Masjid Baiturrahman Dompu, Kamis(29/4).

Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan usai shalat tarawih tersebut langsung dihadiri oleh jamaah masjid. Hadir sebagai penceramah Ustad Muhammad Fadil Abdulah Ba’gil (Ustadz Fadil).

Dalam sambutannya Bupati Dompu menyampaikan Nuzul Qur’an dilaksanakan dalam rangka mengingatkan bahwa Al-Qur’an diturunkan sebagai tuntunan dalam kehidupan.

“Peringatan Nuzulul Qur’an menjadi momen renungan, sudah sejauhmana perintah Allah SWT terlaksana dengan baik. Kita maih punya harapan yang lebih baik, untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai tuntunan dalam berbagai aspek kehidupan” kata Bupati.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bila nilai-nilai moral dalam Al-Qur’an diimplementasikan dengan baik, dipastikan akan memberikan kebarokahan bagi masyarakat dan daerah. Memperkuat esensi ini, Bupati menyampaikan Firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-A’raf Ayat 96, yang artinya “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi”.

Dengan makna ayat tersebut, Bupati mengajak seluruh jamaah untuk sama-sama meraih keberkahan dari Allah SWT.

“mari meraih berkah dari Allah SWT dengan cara-cara yang diridhoi dan mengkiuti petunjuk yang dicontohkan Rasulullah SAW, serta dengan mengikuti aturan dan norma hukum yang berlaku, sehingga rezeki yang didapatkan adalah rezeki yang dirahmati” jelasnya.

Dalam merealisasikan kandungan Al-Quran tersebut sebagai pemimpin daerah Bupati menerangkan telah menghimbau seluruh aparatur pemerintah khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang beragama islam, ketika tiba waktu sholat fardhu, dalam waktu 5 atau 10 menit sebelum sholat dimulai agar aktivitas rutinnya dalam melayani masyarakat, dapat dihentikan sementara waktu, guna menunaikan sholat berjama’ah di masjid, mushola atau langgar terdekat dengan tempat kerjanya, yang kemudian apabila sudah memenuhi kewajibannya agar kembali bekerja sebagaimana biasanya.

Bupati juga berharap hendaknya juga diikuti dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat yang beragama islam, agar dapat melakukan hal yang sama untuk menunaikan sholat berjamaah.

“Hal dimaksud semata-mata dilakukan untuk mengundang rahmat dan kebarokahan dari Allah SWT”, imbuhnya.

Selanjutnya memanfaatkan momentum Nuzulul tersebut kepada para jama’ah, Bupati mengenalkan program Dompu Berjasa (Jum’at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat). Dengan program ini Bupati mengajak warga Kabupaten Dompu membiasakan diri untuk hidup bersih dan sehat.

Diakhir sambutan bupati mengingatkan warga masyarakat untuk menyempurnakan ibadah puasanya dengan menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah.

“Zakat dapat membersihkan diri dan harta juga sebagai bentuk tanggungjawab sosial dalam meringankan beban saudara yang masih dalam kekurangan” tutup Bupati.

Kegiatan Nuzulul Qur’an 1442 Hijriah diakhiri dengan pemberian bonus oleh Bupati dan Wakil Bupati Dompu, kepada duta Dompu yang juara diajang lomba STQ Ke-26 Tingkat Provinsi NTB beberapa waktu lalu di Kota Mataram. (*)

 14 total views,  1 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Bupati Dompu Keluarkan Surat Edaran Panduan Idul Fitri 2021

DOMPU, PELITANEWS – Bupati Dompu Kader Jaelani mengeluarkan Surat Edaran (SE)  dengan Nomor 451.1.41/Kesra/2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi...

Pastikan Semua Disiplin Patuhi Prokes, Gubernur NTB Kunjungi Pos Pengamanan Lebaran

MATARAM, PELITANEWS - Memastikan NTB dalam keadaan aman, tidak ada kerumunan berlebih, kemacetan dan kriminalitas, Gubernur DR Zulkieflimansyah didampingi Forkopimda mengunjungi pos pengamanan Idul...

Bupati Terbitkan Surat Edaran Larangan Mercon dan Kembang Api, Polsek Kediri Antisipasi Perang Mercon

KEDIRI, PELITANEWS - Polsek Kediri Polres Lombok Barat Polda NTB, segera mengambil langkah antisipasi tradisi maleman ke 27 Ramadhan atau perayaan perang mercon. Kapolsek Kediri...

Cipta Harkamtibmas jelang Hari raya Idul Fitri 1442 H, Polsek Khayangan himbau warga akan tindak tegas balap liar

LOMBOK UTARA, PELITANEWS - Pawas bersama anggota jaga Polsek Khayangan Polres Lotara melaksanakan Patroli Lumpia Antisipasi balap liar dan cek objek vital antisipasi 3C...
error: Content is protected !!