25 C
Mataram
Rabu, April 14, 2021
Indonesia
1,583,182
Total Kasus
Updated on 14/04/2021 22:02
Beranda NTB Buka Malam Penganugerahan Wirausaha Muda, Gubernur Harap Jadi Inspirasi Bagi Anak NTB

Buka Malam Penganugerahan Wirausaha Muda, Gubernur Harap Jadi Inspirasi Bagi Anak NTB

MATARAM, PELITANEWS – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah berharap duta wirausaha muda, dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak muda di NTB. Menjadi pengusaha, merupakan bagian dari cara berkontribusi dalam pembangunan bermasyarakat.

Hal tersebut disampaikan Doktor Zul sapaan akrab Gubernur NTB, saat membuka Malam Penganugerahan Lomba Wirausaha Muda NTB 2020, yang diselenggarakan oleh International Council for Small Business (ICSB) NTB, Rabu (25/11/2020) di Lombok Astoria, Mataram.

“Saya ingin, orientasi anak muda itu tidak hanya menjadi aparatur sipil negara, tapi memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha agar sebagai bagian dari cara kita berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara,”kata Dokter Zul.

Menurutnya, Ini tantangan bagi penyelenggara, karena dalam kontestasi tidak hanya memilih wirausaha muda yang juara I atau duta wirausaha, tapi juga mampu menginspirasi banyak anak muda di NTB dan Indonesia.

“Tantangan dewan juri adalah harus benar memilih wirausaha muda yang dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” jelas mantan ketua senat UI didampingi koordinator International Council for Small Business (ICSB) Perwakilan NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati.

Dalam sebuah lomba, kadang belum tentu yang memperoleh juara I itu, nanti dalam menjalankan usahanya, belum tentu mendapatkan keuntungan dan penghasilan yang lebih banyak dari yang juara III atau tidak masuk 10 finalis tadi.

“Kadang yang juara III atau tidak masuk kategori ini, lebih cepat mendapatkan keuntungan dan cepat kaya di NTB,” kata pria asal Sumbawa ini.

Doktor Zul meminta, agar finalis duta wirausaha muda menjadikan kompetisi ini sebagai titik awal, untuk tetap berkarya dan memberikan inspirasi bagi wirausaha muda yang lain.

Dunia kedepan, memaknai bahwa orang dipemerintahan sebagai fasilitator dan orang yang berkorban untuk membantu dan dunia usaha menjadi mesin ekonomi yang menyediakan lahan pekerjaan, mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kapasitas SDM.

Pemerintah daerah akan terus mensupor baik secara materi dan suport lainnya agar usaha-usaha kreatif anak muda di NTB terus berjalan dalam lingkungan yang nyaman dan aman.
Koordinator ICSB Wilayah NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengapresiasi dan terhadap antusias pengusaha muda NTB dalam kompetisi wirausaha mud aini.

“Saya ingin menyampaikan rasa bangga saya, yang luar biasa kepada para finalis, yang hari ini hadir bersama kami. Anda adalah orang-orang luar biasa,”kata Bunda Niken sapaan akrabnya.

Bunda Niken berharap anak muda di Nusa Tenggara Barat, dapat tampil dan terus berinovasi untuk menjadi eunterprenership agar dalam membangun UKM , sehingga menjadikan daerah yang dibanggakan di Indonesia.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan Penganugerahan Wirausaha Muda NTB tahun 2020, Indah Purwaningsih mengatakan, peserta anak muda dengan kategori umum dan pelajar ini merupakan sepuluh besar yang masuk dalam finalis.

Sepuluh besar wirausaha ini, telah melalui proses seleksi yang cukup ketat. Dari 440 wirausaha muda yang mendaftar se-NTB, sudah disaring melalui 3 tahapan seleksi. Diantaranya, tahap pertama seleksi kelengkapan administrasi, tahap kedua deep interviuw, tahap ketiga coosing bisnis selama 3 hari.
“Jadi benar-benar melalui seleksi yang ketat,” katanya.

Proses seleksi ini, akhirnya mendaulat 10 finalis tersebut. Setelah itu jelasnya, akan ditentukan 3 terbaik untuk kategori umum dan pelajar, yang akan menjadi Duta Wirausaha Muda NTB.
“Mereka ini dapat menjadi inspirasi bagi wirausaha muda lainnya,” ucapnya.

Proses penentuan duta wirausaha muda NTB tahun 2020, dinilai secara ketat oleh para juri yang terdiri dari Koordinator ICSB NTB, ICSB Pusat, Kadis Perdagangan NTB, Kepala Kadin NTB, Dosen Fakultas Ekonomi Unram.

Wirausaha muda Wiwin Suryani, pemilik UKM Kopi Punik Sumbawa berhasil menjadi Duta Wirausaha Muda NTB 2020 kategori Umum. Sementara juara 1 kategori pelajar diraih oleh Ilham Ariadi pelaku UKM Kedai Terserah.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Perwakilan BI, BRI, BNI, Pimpinan OJK, IWAPI, IPEMI, HIPMI NTB dan Top Ten Wirausaha muda se-NTB tahun 2020. (hntb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Kepala BNPB RI : Penanganan Hutan Gundul di NTB Harus Berorientasi Kesejahteraan Masyarakat

MATARAM, PELITANEWS - Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Doni Monardo, penanganan bencana banjir akibat alih fungsi hutan di Provinsi NTB memerlukan...

Pemprov NTB Atur Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan Dimasa Pandemi Covid-19

MATARAM, PELITANEWS - Menjelang pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 M, di tengah pandemi Covid 19, Pemerintah Provinsi NTB mengeluarkan Surat...

Bupati Dompu Akan Gelar Safari Ramadhan 1442 H

DOMPU, PELITANEWS – Bupati Dompu dan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu akan melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan ke semua Kecamatan di Kabupaten Dompu. Hal ini ditegaskan...

Pemda Dompu Jamin Pelayanan Publik Dibulan Ramadhan Berjalan Lancar

DOMPU, PELITANEWS - Dalam rangka menjamin pelayanan publik selama bulan ramadhan tahun 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu mengeluarkan surat edaran, senin (12/4). Surat edaran...
error: Content is protected !!