24 C
Mataram
Minggu, April 11, 2021
Indonesia
1,562,868
Total Kasus
Updated on 11/04/2021 08:03
Beranda Pilkada Bawaslu Menghimbau Bupati dan DPRD, Kampanye Wajib Izin Kampanye

Bawaslu Menghimbau Bupati dan DPRD, Kampanye Wajib Izin Kampanye

DOMPU, PELITANEWS – Tahapan Kampanye sudah dimulai sejak tanggal 26 September 2020 pada Pemilihan lanjutan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020.

Untuk mencegah serta meminimalisir terjadinya pelanggaran pada tahapan kampanye, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu mengeluarkan surat Himbauan Nomor 43/K. Bawaslu.NB-02/PM.00.02/X/2020 kepada Bupati dan Wakil Bupati Dompu serta Ketua DPRD Dompu untuk izin sebelum melakukan kegiatan kampanye.

Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu Irwan kaitan dengan hal tersebut menjelaskan.

“Berdasarkan Peraturan tentang keharusan berkampanye ini termuat di dalam pasal 63 ayat (1) Komisi Pemilihan Umum Nomor 11 Tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 4 tahun 2017 Tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Pilkada serentak Tahun 2020” Jelasnya di Kantor Bawsaslu Kabupaten Dompu Selasa (6/09/2020).

Mempertegas hal tersebut Swastari Haz Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antara Lembaga Bawaslu Kabupaten Dompu mengatakan bahwa surat kampanye paling lambat 3 hari sebelum pelaksanaan kegiatan kampanye dilaksanakan.

“Sebagaimana dimaksud pada ayat (1) itu harus disampaikan kepada KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota dan ditembuskan kepada  Bawaslu Provinsi atau Bawaslu Kabupaten/Kota sesuai dengan tingkatannya, paling lambat 3 (tiga) hari sebelum pelaksanaan kegiatan Kampanye,” Tegasnya.

Swastari Haz menambahkan, untuk DPRD surat izin kampanye dikeluarkan oleh pimpinan DPRD atau Pimpinan Fraksi.

“Sedangkan untuk Anggota DPR RI, yang mengeluarkan Surat Izin Kampanye adalah Pimpinan DPR atau Pimpinan Fraksi. Bagi Anggota DPD, yang berhak mengeluarkan surat itu adalah Pimpinan Komite atau Pimpinan DPD. Untuk Anggota DPRD yang berhak mengeluarkan surat izin kampanye Pimpinan DPRD Provinsi atau Kabupaten/Kota atau Pimpinan Fraksi” tambahnya. (p/np)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Jelang Hari Jadi ke 206, Pemda Dompu Gelar Dzikir dan Do’a Bersama

DOMPU, PELITANEWS - Pemerintah Daerah (Pemda) Dompu menjelang Hari Jadi Kabupaten Dompu yang ke 206 menggelar acara Doa dan Dzikir bersama di Musholah pendopo...

Dompu Kirim 6 Pemain Muda Ke Seleksi Timnas Indonesia

DOMPU, PELITANEWS - Dompu mengirim enam pemain untuk mengikuti seleksi Tim Nasional Indonesia yang akan berlangsung di lapangan Yoga Parkanthi, Jimbaran, Bali, Jum’at (9/4). Enam...

Reses Tahap 1 Tahun 2021, Wakil Ketua DPRD Kunjungi Desa Basis

DOMPU, PELITANEWS – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu Muhammad Amin,S.Pd melaksanakan Reses Tahap I tahun 2021 di Desa Bara Kecamatan...

Reses I Tahun 2021, Iskandar PKS Bertekad Wujudkan Harapan Masyarakat

DOMPU, PELITANEWS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Dapil I Kecamatan Dompu, Pajo, dan Hu’u dari Partai Keadilan...
error: Content is protected !!