32 C
Mataram
Rabu, April 14, 2021
Indonesia
1,577,526
Total Kasus
Updated on 14/04/2021 14:17
Beranda NTB Dompu Banjir Bandang Terjang Desa Daha, Hancurkan Rumah Warga dan Fasilitas Umum

Banjir Bandang Terjang Desa Daha, Hancurkan Rumah Warga dan Fasilitas Umum

DOMPU, PELITANEWS – Banjir bandang menerjang Desa Daha, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, hancurkan rumah warga dan fasilitas umum.

Hujan deras yang turun sejak pukul 12 tadi malam di Kecamatan Hu’u mengakibatkan banjir bandang dan menghantam puluhan rumah, lahan pertanian dan sejumlah fasilitas, sarana irigasi di kecamatan Hu’u rusak.

Menurut penuturan warga, banjir hantam rumah warga sekitar pukul 01.00 wita. Farida seorang warga yang bercerita kepada media mengatakan dirinya terbangun karena air setinggi pinggang orang dewasa ketika hendak menyelamatkan diri Farida kembali masuk ke dalam rumah karena ingin mengambil ijazahnya, karena air sudah sampai ke lehernya Tita akhirnya lari ke luar rumah dan menyelamatkan diri dari terjangan banjir yang merusak sebagai bangunan rumahnya.

“Saya terbangun karena banjir dan air sudah sampai pinggang, dan pada saat saya masuk lagi ingin mengambil ijazah air sudah sampai leher” tuturnya.

Warga yang ditemui media menuturkan bahwa ini merupakan banjir bandang terbesar pertama yang terjadi di Desa Daha.

“Dalam sejarah hidup kami di sini baru kali ini terjadi banjir terbesar di Desa Daha sampai berada diatas jalan” terang syafrudin salah satu warga desa Daha.

Iswan, salah seorang warga juga menuturkan bencana banjir yang begitu besar ini terjadi diduga akibat penggundulan hutan dan penebangan liar yang terjadi.

Pemerintah berkoordinasi dengan Lembaga-lembaga yang peduli terhadap lingkungan hidup dan kelestarian hutan, karena perlu di reboisasi dan rehabilitasi serta penanaman kembali hutan yang telah gundul.

“Banjir ini terjadi salah satunya karena sisa penebangan hutan itu menutupi jalur air sungai sehingga air itu meluap kepemukiman kami” tambahnya.

Sampai berita ini dikeluarkan belum ada data pasti terkait jumlah kerusakan fasilitas dan rumah warga akibat hantaman banjir bandang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER PEKAN INI

Bupati Dompu Akan Gelar Safari Ramadhan 1442 H

DOMPU, PELITANEWS – Bupati Dompu dan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu akan melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan ke semua Kecamatan di Kabupaten Dompu. Hal ini ditegaskan...

Pemda Dompu Jamin Pelayanan Publik Dibulan Ramadhan Berjalan Lancar

DOMPU, PELITANEWS - Dalam rangka menjamin pelayanan publik selama bulan ramadhan tahun 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu mengeluarkan surat edaran, senin (12/4). Surat edaran...

Pasar Ramadhan Esot Resmi Dibuka

LOMBOK TENGAH, PELITANEWS - Pasar Ramadhan Esot 2021 yang diselenggarakan oleh Remaja Masjid Nurul Yaqin Esot, Desa Sintung, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah secara resmi...

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 H/2021

DOMPU, PELITANEWS - Umat Muslim mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan perdana hari ini, Selasa (13/4). Penting untuk memperhatikan jadwal imsak dan Subuh agar puasa...
error: Content is protected !!