BerandaPulau SumbawaTidak Hanya Pada Sektor Pertanian Tradisional, Kita Akan Dukung Upaya Industrialisasinya

Tidak Hanya Pada Sektor Pertanian Tradisional, Kita Akan Dukung Upaya Industrialisasinya

PELITANEWS – Anggota DPR RI Dapil 1 Pulau Sumbawa, Johan Rosihan menyatakan siap mendukung sektor pertanian di Pulau Sumbawa.

Sebelumnya, politisi yang akrab disapa HJR tersebut kerap memberi bantuan sarana untuk peningkatan pertanian Masyarakat.

“Bantuan untuk sektor pertanian seperti alat dan bibit sudah kami distribusikan sesuai peta. Harapannya, kelompok petani dari timur hingga ke barat Pulau Sumbawa terus meningkatkan kualitas pertaniannya” kata Johan.

Politisi asal Sumbawa tersebut juga mengadakan bimbingan teknis serta workshop dengan menghadirkan stakeholder dari luar pulau baik dari instansi pemerintah juga instansi swasta.

HJR menjelaskan keterlibatan stakeholder di sektor pertanian ini sengaja ia gagas untuk menciptakan wadah diskusi antara petani dengan pakar pertanian.

“selain untuk menambah wawasan dari petani kita, kehadiran stakeholder ini juga membuka ruang Kerjasama antara petani dan produknya dengan pasar diluar. Petani kita akan tahu bagaimana cara menghasilkan produk yang memiliki nilai jual di pasar luar. Kita hadirkan ahlinya untuk bisa menimba ilmu secara langsung” Ujar Johan.

Beberapa program di sektor pertanian yang telah dijalankan selama ini oleh Johan, adalah Upaya untuk mendukung pertanian tradisional yang sudah dilakukan sejak lama oleh Masyarakat Pulau Sumbawa.

Johan bersama petani di Pulau Sumbawa

Johan menyebutkan meski dengan label tradisional tersebut, bukan berarti produk hasil pertanian Masyarakat Sumbawa ini tidak memiliki kualitas.

“Karena produk kita punya kualitas, kami coba hadirkan bimtek dan workshop agar petani bisa mengelola kualitas produknya untuk masuk ke pasar nasional. Kami dukung sejak proses pertaniannya hingga ke pemasarannya nanti” sebutnya.

Memasuki akhir tahun 2023, Johan menyusun strategi untuk memasarkan produk pertanian Sumbawa di pasar nasional. Johan meyakini secara kualitas produk petani Pulau Sumbawa tidak kalah dengan daerah lain.

“Kami siap membuka jalan untuk memberikan kesempatan kepada petani kita bersaing di nasional. Produknya sudah bagus, sudah berkualitas tinggal bagaimana kita memasarkan dengan harga yang sesuai. Saya membayangkan jika kebutuhan pokok beras untuk ASN, rumah sakit, bahkan untuk bantuan pemerintah itu adalah beras dari petani di Sumbawa” tambahnya.

Johan menyebutkan jika program kerja di sektor pertamian selama empat tahun terakhir mulai menunjukkan hasil. Dirinya berharap, di tahun berikutnya pertanian di Pulau Sumbawa akan semakin maju.

“kami siap mengawal hal tersebut, pertanian di Pulau Sumbawa harus tumbuh” tutup Johan.

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!